https://palu.times.co.id/
Pendidikan

Pelajar Indonesia di Australia Catat Transaksi Positif di Indonesian Modest Fashion Week Melbourne

Selasa, 12 Maret 2024 - 17:01
Pelajar Indonesia di Australia Catat Transaksi Positif di Indonesian Modest Fashion Week Melbourne Fashion Food and Art Trade Show dalam rangkaian Indonesian Modest Fashion Week Melbourne (IMFWM) di Melbourne. (Foto: PPI Dunia)

TIMES PALU, MELBOURNEPelajar Indonesia yang tengah menempuh studi di Australia mengikuti kegiatan Fashion Food and Art Trade Show dalam rangkaian Indonesian Modest Fashion Week Melbourne (IMFWM) di Melbourne. Pelajar yang mengikuti acara tersebut adalah pelajar yang tergabung dalam Indonesian Student Exporters Association in Australia (INSEAA),  yang juga merupakan bagian dari Duta Ekspor Perhimpunan Pelajar Indonesia di Seluruh Dunia (PPI Dunia)

IMFWM yang dilaksanakan pada 1 – 5 Maret 2024 merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Perwira (Persatuan Warga Indonesia di Victoria) dimana dibuka oleh Dubes RI Canberra dan Mayor City of Melbourne Sally Cap serta Konjen RI Melbourne dan Atase Perdagangan KBRI Canberra.

Kegiatan trade show yang diikuti para pelajar Indonesia dilaksanakan pada 2-3 Maret 2024 di Quensbride Square, Melbourne yang merupakan salah satu jalur pejalan kaki terpadat di Melbourne. Dalam trade show ini, anggota INSEAA membuka booth bersama seluruh designer yang mengikuti fashion show pada IMFWM dan komunitas masyarakat ASEAN di Melbourne.

M. Syihab As’ad, salah satu anggota INSEAA yang hadir dalam acara ini menyampaikan, bahwa kesempatan perdana melakukan pameran di luar negeri seperti ini membantu meningkatkan semangat nasionalisme para studentpreneur, khususnya ketika terjadi transaksi dengan masyarakat lokal Australia.

PPI-DUnia-a.jpg

“Dengan melibatkan diri dalam kegiatan ekspor seperti saat ini, berinteraksi dengan pelanggan internasional, dan berhasil menjual produk Indonesia ke warga Australia, membuat kami menjadi lebih bangga akan budaya dan warisan Indonesia di dunia global,” ungkap mahasiswa doktoral di Monash University ini. 

Senada dengan Syihab, Abyanuddin Salam, anggota INSEAA yang juga merupakan mahasiswa Swinburne University of Technology juga menyampaikan kebanggaan atas keterlibatan di kegiatan ini. 

“Partisipasi INSEAA dalam IMFWM membuat kami semakin tergugah atas pentingnya peran para pelajar Indonesia di luar negeri sebagai perpanjangan tangan para UMKM di Indonesia untuk mengakses pasar internasional,” ujar pelajar yang akrab disapa Kang Abyan ini.

Pada pameran dagang ini, para pelajar menjual produk fesyen antara lain batik denim, jaket puffer, hingga perhiasan kulit handmade. Meskipun ini merupakan pameran perdana INSEAA, Joshua Dermahadi Tammy yang juga berpartisipasi dalam gelaran ini menyampaikan kegembiraan atas transaksi yang dicapai INSEAA.

“Pameran perdana kami telah berhasil mencatatkan transaksi lebih dari seribu dollar Australia, dimana hal ini memacu semangat kami untuk lebih giat mempromosikan produk UMKM Indonesia di luar negeri tanpa meninggalkan studi,” terang pelajar yang mengusung perhiasan kulit handmade dalam IMFWM ini.

Peran INSEAA dalam kegiatan ini tak luput dari dukungan Atase Perdagangan RI untuk Canberra, Agung Haris Setiawan yang juga meresmikan INSEAA pada Januari lalu bersama Koordinator INSEAA saat ini Taufiqurrahman Ali. Haris menyampaikan bahwa mahasiswa memiliki peran strategis dalam memberikan gambaran pasar kepada para pelaku perekonomian Indonesia sehingga dapat dioptimalkan untuk peningkatan ekspor di masa mendatang. 

“Keikutsertaan INSEAA sebagai komunitas pelajar Indonesia eksportir dapat memberikan pengalaman promosi dan belajar kepada pelajar, sehingga ketika mereka kembali ke Indonesia dapat menjadi eksportir karena telah mengetahui situasi pasar lokal negara tujuan," ujar Haris. (*)

Pewarta : Khodijah Siti
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Palu just now

Welcome to TIMES Palu

TIMES Palu is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.