Berita

OTT Bupati Nganjuk, KPK Bakal Informasikan Perkembangannya Segera Mungkin

Senin, 10 Mei 2021 - 09:47
OTT Bupati Nganjuk, KPK Bakal Informasikan Perkembangannya Segera Mungkin Plt Jubir KPK Ali Gikti. (FOTO: Dok. KPK RI)

TIMES PALU, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK RI) menyebut operasi tangkap tangan (OTT) di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, Senin (10/5/2021) dini hari merupakan hasil kerja sama dengan Bareskrim Polri. Dalam OTT kali ini, KPK RI mengamankan Bupati Nganjuk Novi Rahman Hidayat.

"Kegiatan tersebut merupakan kerja sama antara Bareskrim Polri dengan KPK," ucap Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya.

Komisi antirasuah ssst ini tengah memeriksa Bupati Nganjuk bersama pihak-pihak lainnya yang turut ditangkap. Adapun penangkapan diduga terkait dengan tindak pidana korupsi lelang jabatan di lingkungan Pemkab Nganjuk.

Sesuai KUHAP, KPK memiliki waktu 1x24 jam untuk menentukan status dari pihak-pihak yang ditangkap tersebut "Tim penyelidik akan segera menentukan sikap dalam waktu 1 X 24 jam terkait dugaan tindak pidana korupsi tersebut," ucap Ali.

Ali Fikri memastikan informasi perkembangan selanjutnya terkait OTT di Nganjuk akan segera disampaikan. Yang jelas, KPK saat ini tengah memeriksa Bupati Nganjuk bersama pihak-pihak lainnya yang turut ditangkap. 

Mengulang Jejak Bupati Sebelumnya

Catatan OTT di Nganjuk oleh KPK bukan yang pertama kali. KPK  juga menangkap Bupati Nganjuk sebelumnya, yakni Taufiqurrahman. Bupati Nganjuk dua periode ini (2008-2013 dan terpilih lagi di Pilbup Nganjuk 2012) terjaring operasi tangkap tangan (OTT) KPK dan dijerat dengan tiga perkara yang berbeda pada 2019 lalu.

Juru Bicara KPK RI saat itu, Febri Diansyah mengatakan, ada dua kasus korupsi yang tengah disidik Kejaksaan Agung kepada Bupati Nganjuk.  Yang pertama terkait dugaan tindak pidana korupsi pemborongan pengerjaan lima paket proyek infrastrktur. Paket borongan tersebut meliputi pembangunan jembatan, rehabilitasi saluran air, perbaikan dan perawatan jalan. (*)

Pewarta : Hasbullah
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Palu just now

Welcome to TIMES Palu

TIMES Palu is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.